Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berniat Pelihara Kura Sulcata, Ini Wajib Kamu Tahu!

Druwo - Kura-kura Sulcata merupakan jenis Kura-kura darat terbesar ketiga di dunia, setelah kura-kura Galapagos dan Aldabra tentunya. Saking besar tubuhnya, anak kecil dapat menunggangi karapasnya bagaikan sebuah kuda-kudaan.

Ukuran tubuhnya hanya sekitar 5 cm ketika menetas dari telurnya. Namun mereka tumbuh dan berkembang, hingga seiring bertambahnya waktu, panjang karapasnya dapat mencapai hampir 1 meter di saat mereka dewasa.

Bukan hanya digemari oleh para hobbyist berpengalaman, kura-kura Sulcata juga sangat digemari oleh para pemula, lho. Sebab, selain menawarkan paras yang memukau, Sulcata juga dibanderol dengan harga yang relatif terjangkau untuk sebangsa Torto.

Meski banyak orang bilang Sulcata ini kurang direkomendasikan buat pemula, namun tidak perlu khawatir, dengan memilih lingkungan dan makanan yang tepat akan membuat kura sulcata tetap terjaga sehat sampai dewasa.

Langsung saja simak ulasan singkat dari salah seorang peternak kura di Kota Yogyakarta ini:

Kandang / enclosure torto tidak punya taring atau cakar untuk mempertahankan diri. Mereka bersembunyi dan secepat mungkin bertumbuh besar untuk menghindari predator. Jadi secara naluri mereka harus hafal dengan sekitarnya, sehingga jika ada predator mereka tau kemana harus berlindung.

Jadi selama dia (baby sulcata) masih keliatan ada tempat dia yang  belum eksplore maka dia akan kesana. Dan alhasil bisa nabrak-nabrak kalau pakai kaca bening sebagai kandang

Penempatan tempat makan dan minum kalau spot yang sama jangan dipindah-pindah agar tidak membuat kura stress. Perhatikan sirkulasi udara, suhu dan humidity.

[Perendaman]

Perendaman dilakukan setiap pagi dengan menyiapkan air hangat 1 cm kemudian masukkan kura ke dalam air 10 menit. Keringkan dengan kain. Jemur dibawah matahari / lampu sambil diberi makan 10 menit.

Usahakan tetap pada Suhu udara 29-32° dan Humidity 70-80

[Makanan] 

Kura-kura Sulcata tergolong reptil yang doyan makan, juga rakus. Mereka selalu bersemangat saat waktu makan tiba. Begitu sang pemilik menyiapkan makanan untuknya, mereka akan mulai mendekat, seolah tak sabar ingin menyantap seluruh hidangan yang ada.

Memperhatikan kebutuhan asupan gizi bagi kura-kura Sulcata adalah hal yang penting. Mereka harus memperoleh gizi yang seimbang sesuai dengan kebutuhannya, yakni kandungan air yang cukup dan tidak berlebih, kaya akan serat, serta rendah protein.

Dan berikut adalah berbagai jenis makanan kesukaan kura sulcata:

-Sawi hijau

-Siomak

-Fumak

-Daun kembang sepatu

-Bunga kembang sepatu

-Daun murbey

-Kaktus centong

-Lembayung


Makanan Buah (jangan terlalu sering /sebulan sekali):

-Kates

-Semangka

-Berry

-Pisang

-Apel

-Pir

-Melon

-Jambu

-Tulang sotong


Makanan pelengkap (dua minggu sekali):

-Wortel serut

-Labu

-Gambas

-Terong

-Jipang

-Kacang panjang

-Ocra

Demikian tulisan singkat mengenai Kandang dan Makanan Tepat Untuk Kura Sulcata. Semoga bermanfaat untuk kura-kuranya. Sehat selalu dan tumbuh sampai dewasa.