Cara Mudah Menenangkan Bayi Baru Lahir Yang Menangis

Bayi- Memiliki peran baru sebagai ibu merupakan hal yang membanggakan bagi seorang wanita. Sebagai ibu baru mendengar/melihat  bayi Anda menangis pasti akan panik dan binggung. Namun ternyata menangis adalah cara ia berkomunikasi. Bayi akan menangis dalam enam minggu pertamanya. Penyebabnya bisa saja lapar, popok penuh sehingga kurang nyaman, atau bisa saja karena ia belum terbiasa dengan lingkungan sekitar.

Dikutip dari motherandbaby.co.id. yang dijelaskan oleh psikolog Dr. Penelope Leach ada beberapa langkah atau cara untuk menenangkan si kecil. Yang penting adalah jangan panik ketika bayi Anda menangis, karena Anda bisa menanganinya seperti langkah pada berikut :

1. Bahasa Tubuh
Pastikan anda mengerti bahasa tubuh bayi sehingga dengan mudah dapat menenangkan bayi sebelum ia mengamuk. Berapa contoh adalah bila bayi lapar ia menggerak-gerakan badan dan memasukan jari ke dalam mulut, atau juga bisa di cek popoknya mungkin penuh yang membuatnya bayi merasa tidak nyaman, bila masih menangis coba disusui atau menggendongnya dan memberikan pelukan hangat.


2. Pijat
Coba anda berikan pijatan, selain membantu bonding antara anda dan bayi pijatan juga bisa memberikan rasa nyaman pada bayi baru lahir.


3. Kenyamanan Ruangan
Kemungkinan bayi merasa tidak nyaman karena merasa kedinginan ataupun sebaliknya, berikan kenyamanan dengan mengatur suhu pada kamar sekitar 25-26°C . Kamar sebaiknya tidak terlalu banyak perabotan supaya sirkulasi udara baik. Jauhkan bayi dari suara kebisingan kendaraan supaya bayi bisa nyaman saat tidur.


4. Baby Carrier
Jika masih saja belum tenang, cobalah untuk menggendongnya menggunakan baby carrier yang nyaman. Bayi dalam gendongan akan merasa seperti di dalam perut Anda. Goncangan saat Anda menggendong akan membuat bayi nyaman dan tertidur secara singkat, ujar Profesor Mary Steen dari University of Chester.

Nah dengan penjelasan di atas, jangan lagi anda panik ya ketika bayi anda menangis. Selamat mencoba, semoga berhasil dengan langkah-langkah di atas.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mudah Menenangkan Bayi Baru Lahir Yang Menangis"

Post a Comment