Hari Santri Indonesia, ASA Gelar Unjuk Rasa Di Tugu Jogja

Hari Santri Indonesia jatuh pada tanggal 22 Oktober
Yogyakarta- Puluhan santri mahasiswa dari Aliansi Santri Adab (ASA) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta melakukan orasi di simpang Tugu Pal Putih pada Sabtu (22/10/16) siang. Aksi unjuk rasa itu digelar para santri mahasiswa untuk memperingati Hari Santri Indonesia yang jatuh pada tanggal 22 Oktober.
Dalam orasi-orasinya, mereka mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mempertahankan persatuan dan kesatuan bangsa serta nasionalisme di tengah masuknya budaya liberal ke Indonesia. Mereka juga mengajak kepada semua lapisan masyarakat untuk turut memperingati hari santri sebagai bagian dari upaya menghalau radikalisme yang mulai tumbuh di Indonesia, serta menjalankan kembali titah kyai sepuh terdahulu bahwa NKRI harga mati, dan juga untuk memperjuangkan kembali keadilan sosial sebagai bentuk pengabdian penuh pada bangsa dan negara.

Tanggal 22 Oktober 1945 merupakan momentum yang sangat penting dalam kelangsungan perjuangan kemerdekaan Indonesia yakni kebulatan tekad para golongan pesantren untuk mempertahankan kedaulatan NKRI dengan jihad sebagai tonggak perjuangannya. oleh karenanya, mereka menolak perpecahan antar etnis di Indonesia serta menumbuhkan nilai-nilai nasionalisme.

Aksi itu berlangsung hingga menjelang sore dan berlangsung lancar dalam pengawalan polisi dari Polresta Yogyakarta dan Polsek Jetis.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hari Santri Indonesia, ASA Gelar Unjuk Rasa Di Tugu Jogja"

Post a Comment