Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Aliansi Mahasiswa Yogyakarta Deklarasi Siap Jaga Kamtibmas dan Sukseskan Pilkada Serentak yang Berintegritas


SLEMAN (D.I. YOGYAKARTA) - Dinamika sosial dan politik dalam momentum May Day (Hari Buruh Internasional), Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) dan menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024 yang semakin menghangat  saat ini menjadi sorotan publik termasuk dari elemen gerakan mahasiswa.

Merespon perkembangan dinamika sosial dan politik saat ini, Aliansi Mahasiswa Yogyakarta (AMY) Selasa 7 Mei 2024 melaksanakan deklarasi pernyataan sikap di Jalan Padjadjaran (Ring Road Utara) No.186, Ngringin, Mancasan Kidul, Depok, Sleman, DIY. 

Sekretaris Jenderal (Sekjen) AMY Ronikung menuturkan bahwa maraknya tindakan provokatif di kalangan masyarakat dapat mengganggu stabilitas nasional dan  memicu timbulnya perpecahan dan konflik sosial di masyarakat.

Untuk itu, Ronikung mengajak semua komponen mahasiswa dan masyarakat  bersinergi dalam menjaga kamtibmas guna menjaga stabilitas nasional dan terwujudnya kehidupan yang nyaman dan damai. 

“Kami menolak adanya narasi provokatif yang dapat memecah belah persaudaraan antar anak bangsa dan  dapat mengganggu stabilitas nasional,” ujarnya, dalam keterangan tertulis, Minggu 12 Mei 2024.

Menurut Ronikung, deklarasi pernyataan sikap ini merupakan wujud kepedulian mahasiswa  dalam rangka menjaga Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) dan menyukseskan keberlangsungan demokrasi di Indonesia melalui Pilkada Serentak 2024 yang berintegritas dan bermartabat.

“Mahasiswa harus mampu berperan dalam menjaga citra demokrasi dengan tidak menghasut, tidak memprovokasi, tidak menyebarkan berita Hoaks,” ungkapnya.

Lebih lanjut, dalam rangka menjaga kamtibmas dan mengawal Pilkada Serentak 2024, AMY menyerukan pertama, mengajak seluruh elemen mahasiswa dan masyarakat, untuk bersama menjaga Jogja tetap nyaman dan damai. 

Kedua, membangun sinergitas bersama Polri dalam menjaga Kamtibmas menjelang Pilkada serentak 2024. 

Ketiga, AMY mendukung pembangunan bangsa dan menjaga demokrasi pancasila. Dan keempat, bersatu padu menciptakan situasi dan kondisi tetap kondusif di wilayah DIY.