Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Polda DIY dan Polresta Yogyakarta Bagikan Sembako dan Imbauan Pemilu Damai 2024 ke Warga Masyarakat


YOGYAKARTA (D.I. YOGYAKARTA) – Pertumbuhan laju ekonomi dapat kita lihat dari tingginya inflasi yang mencapai 3,44 % hal ini sebagai akibat adanya kenaikan harga salah satunya kelompok makanan, minuman, dan tembakau sebesar 6,97 persen.

Dalam menjaga stabilitas harga pangan, saat ini pemerintah tengah memasukkan ketahanan pangan dalam Agenda Pembangunan Nasional Tahun 2022-2024.

Kenaikan harga pangan disebabkan oleh banyak faktor mulai dari gagal panen akibat perubahan iklim yang ekstrem, dampak perang Rusia-Ukraina, serta kebijakan pembatasan ekspor.

Komoditas harga pangan terancam merangkak naik imbas dari kenaikan BBM. Kenaikan harga pangan akan mendorong inflasi dan mengurangi daya beli masyarakat, daya beli yang menurun akan mengurangi kegiatan belanja masyarakat.

Melihat hal ini, Polda DIY bersama Polresta Yogyakarta membagikan sembako warga masyarakat yang beraktivitas di sekitar Pos Polisi Lalu lintas dan Pos Samapta Polda DIY. 

Kasihumas Polresta Yogyakarta AKP Timbul Sasana Raharjo, S.H., M.H. mengatakan, kegiatan bakti sosial ini diselenggarakan dalam rangka mendukung pertumbuhan ekonomi nasional dengan mengawal kelompok pelaku usaha untuk tetap bisa berkarya dan bertumbuh.

"Saat ini juga sedang dihadapkan dengan tahun politik menjelang Pemilu 2024 sekaligus memberikan imbauan untuk tetap menjaga persatuan di tengah perbedaan pandangan politik di masyarakat," kata Kasihumas. 

Dengan bakti sosial ini diharapkan dapat mendorong masyarakat untuk ikut serta berperan aktif menjaga kesatuan dan persatuan, mencegah perpecahan sosial, tidak mudah terprovokasi oleh pihak-pihak yang berkepentingan, senantiasa mengedepankan aksi damai saat menyuarakan aspirasinya, dan menjadikan pemilu 2024 sebagai sarana integrasi bangsa dan masyarakat. 

"Hal ini guna mendukung terciptanya situasi keamanan dan ketertiban masyarakat yang kondusif selama pelaksanaan pentahapan menjelang Pemilu 2024 di wilayah DIY, tambahnya.

Silaturahmi dan bakti sosial ini dilakukan bersama dengan Komunitas Juru Parkir Abu Bakar Ali, Penggerak UMKM Teteg Kota Yogyakarta, Komunitas Pelaku Usaha di Taman Parkir Senopati Kota Yogyakarta dan Perkumpulan Jaga Warga Dusun Serangan, Notoprajan, Ngampilan, Kota Yogyakarta.

"Dan juga acara ini diselenggarakan digelar bertujuan untuk mendukung terlaksananya Pemilu 2024 yang aman dan Damai," tutup AKP Timbul.