Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Polresta Yogyakarta Launching Kampung Tangguh Melawan Narkoba di Giwangan


Yogyakarta - Polresta Yogyakarta melalui Satuan Reserse Narkoba berkomitmen melawan peredaran narkoba di Kota Yogyakarta. Tekad tersebut sebagai spirit dalam melindungi generasi muda di bumi di Kota Pelajar dari bahaya pengaruh narkoba. 

Untuk mewujudkan komitmen itu, Polresta Yogyakarta bersama dengan Stake Holder melaunching Kampung Tangguh Melawan Narkoba dan bebas Covid -19 di Pendopo Kelurahan Giwangan Umbulharjo Yogyakarta, Selasa (29/6) pagi.

Launching Kampung Tangguh Melawan Narkoba dihadiri oleh Forkopimda dan tamu undangan di antaranya Kapolresta Yogyakarta Kombes Pol Purwadi W. Anggoro, S.I.K., M.H., Wawalikota Yogyakarta, Dandim Kota Yka, Ketua DPRD Kota Yogyakarta, Ketua PN Yogyakarta, Kepala BNNK Kota Yogyakarta, Kajari Kota Yogyakarta, Danramil Umbulharjo, Camat Uumbulharjo, Lurah Kelurahan Giwangan dan para Pegiat Anti Narkoba Kota Yogyakarta.

Adapun susunan acaranya adalah Pembukaan, Menyanyikan lagu Indonesia Raya, Sambutan Lurah Giwangan, Sambutan Kapolresta Yogyakarta, Sambutan Wakil walikota Yogyakarta, Pemukulan Gong oleh wakil walikota Yogyakarta, Penandatanganan Komitmen bersama Melawan Narkoba, Penyerahan cindera mata, Pembacaan doa dan Penutup.

Kapolresta Yogyakarta dalam sambutannya menyampaikan Polresta Yogyakarta bersama instansi terkait dan segenap elemen masyarakat harus bekerja bersama bahu membahu untuk mencegah peredaran narkoba, karena peredaran maupun pengguna narkoba sekarang ini sudah tidak melihat umur.

"Kami yakin kita tidak bisa bekerja sendiri, jadi kami perlu bantuan informasi sekecil apapun dr bapak ibu sekalian, kita bisa open samperin saja mereka bila ada yang kumpul-kumpul. Karena kita mengharapkan punya generasi penerus yang bagus dan hebat apalagi dalam situasi pandemi banyak orang yang terlena, sehingga kita lupa akan anak-anak kita yang bermain kemana-mana," ajak Kapolresta.

Terkait dengan narkoba, pihaknya tidak memungkiri bahwa masih harus membutuhkan informasi bantuan dari warga masyarakat terkait adanya peredaran atau penyalahgunaan narkoba agar segera ditindaklanjuti.

"Cukup informasi saja tidak usah bertindak, biar dari Kepolisan yang bertindak. Dengan launcing Kampung Tangguh Melawan Narkoba ini bisa berkembang secara luas, ini sebagai lokasi awal yang kita canangkan sehingga nanti kami bisa mengembangkan kampung-kampung yang lain," tambah Kombes Pol Purwadi. 

Sementara itu Wakil Walikota Yogyakarta Drs Heroe Purwadi mengatakan "Ketika kita berkomitmen tidak berhenti pada hari ini, kita betul-betul menjadikan kelurahan ini mampu bisa bersih dari Narkoba, sehabis berkomitmen dan membubuhkan tanda tangan ini kita harus punya program dan rencana sehingga narkoba tidak ada dikelurahan giwangan ini. Upaya kita semua bahwa narkoba akan merusak generasi kita, masa depan banyak yang hilang karena sudah kecanduan narkoba. Gerakan ini harus bersinergi dengan kita, bangun kesadaran masyarakat, kampung panca tertib merupakan bagian awal komitmen kita gerakan bersama-sama untuk menjadi kelurahan ini tangguh melawan narkoba. Kemudian dengan program Jogo wargo merupakan upaya kita semua sehingga lingkungan kita semua terjaga atau tercipta keamanan. Perangkat yang ada dilingkungan harus kita dorong untuk menciptakan generasi muda kita menjadi generasi yang gemilang. Kami berharap dari Lurah, Ketua RT RW diarapkan bisa mengembangkan kemajuan di Giwangan.

Diakhir sambutan dilanjutkan pemukulan gong dan tanda diresmikannya Kampung Tangguh Narkoba kelurahan Giwangan serta penandatangan komitmen bersama melawan Narkoba.