Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Polisi Gelar Rapid Antigen di Perbatasan Kota Yogyakarta dan Obyek Wisata Gembira Loka


Druwo, Yogyakarta - Petugas Operasi Ketupat Progo 2021 dibantu Tim Sumda Reaksi Cepat (SRC) Polresta Yogyakarta menggelar Rapid Antigen kepada pengguna jalan di Pos Penyekatan Gedongkuning dan Obyek Wisata Gembiraloka Zoo, Senin (17/5) siang. 

Kasubbaghumas Polresta Yogyakarta AKP Timbul Sasana Raharjo, S.H., M.H. mengatakan, pelaksanaan rapid antigen dipimpin oleh Paurkes Iptu Wakiran. Dalam pemeriksaan itu, total sebanyak 369 orang dilakukan rapid test.

Rapid test di Pos Penyekatan Gedongkuning kepada warga pengguna jalan secara acak dilakukan terhadap 169 orang. Dari hasil rapid test salah seorang warga masyarakat dinyatakan reaktif. 

"Kepada warga yang dinyatakan reaktif saat rapid test, telah dirujuk Ke Puskesmas Kotagede untuk pemeriksaan selanjutnya," kata AKP Timbul.

Sedangkan pemeriksaan di Obyek Wisata Gembira Loka Zoo, Kasubbaghumas mengatakan sebanyak 200 orang pengunjung yang telah diperiksa, secara keseluruhan dinyatakan negatif.

Untuk mengantisipasi penyebaran covid-19, Kasubbaghumas mengimbau kepada warga masyakarat untuk tidak bosan menerapkan protokol kesehatan.

Yang penting menurutnya saat ini ialah pakai masker dengan benar; mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir; menjaga jarak dan menjauhi kerumunan. Selain itu, dirinya juga meminta masyarakat turut membantu upaya mencegah laju penularan virus corona dengan mendukung strategi 3T (testing, tracing, treatment).

"Adapun maksud dari mendukung 3T tersebut adalah bersedia melakukan testing atau pengecekan kesehatan melalui rapid test dan tes swab jika diperlukan; membuka diri terhadap proses tracing atau penelusuran kontak kasus positif, serta segera menjalani treatment atau perawatan dengan benar apabila merasakan gejala Covid-19," tutupnya.