Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Antisipasi Kendaraan Luar Masuk Kota Yogyakarta, Polresta Mulai Perketat Batas Wilayah


druwo.com, Yogyakarta - Sejak dimulainya operasi ketupat terhitung mulai 6 Mei 2021, Polresta Yogyakarta bersama TNI dan Dishub melakukan penyekatan terhadap kendaraan luar Kota Yogyakarta yang ingin masuk ke dalam Kota Yogyakarta.

Sejumlah titik perbatasan masuk Kota Yogyakarta kini telah dijaga oleh anggota polisi dan personel gabungan lainnya, tak terkecuali di dua pintu masuk Kota Yogyakarta yang berada di simpang tiga Gejayan dan Jalan RE Martadinata (depan eks hotel Nataputra), Wirobrajan.

Jumat (7/5) pagi, Kasubbaghumas AKP Timbul Sasana Raharjo, S.H., M.H. mengatakan saat ini petugas kepolisian bersama TNI dan dari Dishub Kota Yogyakarta mulai melakukan seleksi terhadap kendaraan yang melintas.

Mereka memeriksa para pengguna jalan, yang melintas di depan pos pantau eks hotal Nataputra Wirobrajan, Kota Yogyakarta. 

"Selama pemeriksaan berlangsung, satu persatu petugas kepolisian menanyakan tujuan dan keperluan para pengguna jalan," kata Kasubbaghumas.

Ia menambahkan, razia pengendara itu akan dilakukan pada pagi, sore, hingga malam hari menyesuaikan kepadatan kendaraan. Tujuan penyekatan itu menurutnya untuk menghalau para pemudik yang hendak masuk ke Kota Yogyakarta.

AKP Timbul menjelaskan dua pos yang ada di wilayah hukum Polresta Yogyakarta hanya sebagai lapis kedua. Itu artinya, kendaraan yang diminta untuk putar balik sangat jarang karena pemeriksaan yang dilakukan tidak begitu mendesak seperti halnya pos penjagaan di batas wilayah.

Perlu diingat, penyekatan di dalam kota akan dilakukan selama enam hari ke depan, atau akan berakhir pada 17 Mei 2021.