Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rata-rata Upah Tukang di Sleman Yogyakarta

druwo- Membangun sebuah rumah tentu menjadi sebuah impian bagi semua orang. Namun tidak semua orang mampu untuk membangun sebuah rumah idamannya dikarenakan berbagai faktor di antaranya adalah ekonomi atau modal. Oleh karena itu, perlunya kita mempersiapkan biaya pembangunan rumah.

Selain harus mempersiapkan bahan bangunan material, kita harus memperhitungkan biaya jasa tukang. Lalu berapa biaya upah tukang per harinya? Berikut kami paparkan salah satu contoh biaya tukang per orang per hari di wilayah Kabupaten Sleman.

Bapak Sartono (57) warga Ngaglik Sleman, yang merupakan salah seorang pemborong property menerangkan jika ada sedikit perbedaan dengan Kabupaten lain atau Kota Yogyakarta. Biaya tukang rata-rata perharinya adalah sebagai berikut:

  • Upah tukang ahli tanpa makan (lepas) sebesar Rp. 125.000,-
  • Upah tukang ahli dengan makan sebesar Rp. 100.000,-
  • Upah tukang pembantu (laden) tanpa makan sebesar Rp. 100.000,-
  • Upah tukang pembantu dengan makan sebesar Rp. 80.000,-

Untuk wilayah Kabupaten ada sedikit di bawahnya secara berututan Bantul, Kulon Progo dan Gunungkidul. Sedangkan untuk wilayah Kota Yogyakarta relatif sama atau sedikit di atasnya. Sartono mengatakan jika, bulan ke bulan secara pelan ongkos biaya tukang selalu mengalami kenaikan.

Informasi per tanggal 29 Januari 2020.