Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pelaku Jual AKTA CERAI Seharga 2 Juta Ke Warga Yang Ingin Urus Cerai Tanpa Sidang

Dua orang pria yaitu, ASB, (37) warga Kelurahan Bendan Ngisor Kecamatan Gajah Mungkur Semarang dan MK alias modin pegat (58), warga desa Sumber Kecamatan Kradenan Blora, ditangkap Satreskrim Polres Blora Polda Jateng lantaran mencuri blangko akta cerai dan blangko cerai.

Pencurian tersebut dilakukan di Kantor Pengadilan Agama Kelas 1 B Blora, Jalan Raya Blora Cepu KM 03, Selasa, (18/06/2019) silam.

Kasat Reskrim Polres Blora AKP Hery Dwi Utomo,SH,MH mengungkapkan bahwa pelaku berhasil di tangkap di wilayah Kendal dan Blora.

Dalam penangkapan tersebut petugas juga mengamankan barang bukti berupa dua buah akta cerai yang telah di gunakan, satu buah stempel Pengadilan Agama, serta satu buah Hape Merk Nokia warna biru kombinasi hitam.

Kasat Reskrim menceritakan bahwa pelaku mencuri blangko akta cerai dan akta cerai dengan cara menggunakan kunci duplikat, dimana pelaku bisa membuat kunci duplikat lantaran salah satu pelaku adalah karyawan honorer di Pengadilan Agama Blora, yang telah bekerja selama enam tahun, namun setelah peristiwa tersebut, karyawan tersebut telah di non aktifkan.

"Pelaku Akbar Suryo Baskoro ini adalah mantan karyawan honorer di Pengadilan agama, sehingga bisa mendapatkan kunci untuk diduplikatkan," Imbuh Kasat Reskrim.

Dalam peristiwa tersebut Pengadilan Agama mengalami kerugian kurang lebih lima belas juta rupiah, dimana akte yang hilang sejumlah 150 lembar akte kosong dan 17 lembar akte cerai milik penggugat dan tergugat.

Dari pengakuannya tersangka mengatakan, bahwa blangko cerai tersebut di jual kepada warga masyarakat yang ingin mengurus proses perceraian tanpa mengikuti sidang, dimana pelaku menjual satu akta cerai seharga dua juta hingga dua setengah juta rupiah. Hingga di tangkap petugas, tersangka telah berhasil menjual delapan akta cerai tersebut.

Untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya, tersangka dijerat pasal 363 dengan hukuman penjara maksimal tujuh tahun penjara.

sumber: https://www.instagram.com/polresblora/