Karena Nyanyian, Kapolsek Mantrijeron Diganti

Yogyakarta- Polda DIY menggelar Upacara Serah Terima Jabatan untuk Kapolsek Mantrijeron pada Senin (07/11/16) sore. Upacara digelar di halaman Mapolresta Yogyakarta dan selaku Inspektur Upacara adalah Wakapolda DIY. Upacara ini digelar menindaklanjuti adanya laporan dari Panitia Pengawas (Panwas) Kota Yogyakarta tentang dugaan keterlibatan Kompol Totok Suwantoro, SH yang sebelumnya menjabat Kapolsek Mantrijeron dalam kegiatan kampanye salah satu pasangan calon (paslon).

Dalam upacara, Wakapolda DIY Kombes Pol Teguh Sarwono membacakan amanat Kapolda DIY. Dalam amanat tersebut, salah satu poin penting, Kapolda DIY menegaskan bahwa Polri sesuai dengan Undang Undang harus bersikap netral.

Senada dengan amanat Kapolda DIY, setelah upacara selesai, Kapolresta Yogyakarta Tommy Wibisono menjelaskan bahwa langkah pencopotan tersebut merupakan bagian dari komitmen institusi Polri dalam hal ini Polresta Yogyakarta yang menjunjung tinggi netralitas dalam gelaran pemilihan kepala daerah (Pilkada). Pencopotan ini juga sekaligus sebagai peringatan tegas bagi para personel untuk tetap netral dalam melaksanakan tugas sebagai anggota Polri.

“Ini menindaklanjuti laporan dari Panwas tentang adanya dugaan keterlibatan anggota dalam suatu kegiatan pasangan. Selalu saya ingatkan kepada seluruh anggota untuk pertama netral, kedua netral dan ketiga netral. Namun jika masih ditemui hal itu (ketidaknetralan) maka kami akan bertindak tegas,” kata Tommy Wibisono.

Jajaran Polresta Yogyakarta kini tengah melakukan pemeriksaan perihal dugaan keterlibatan yang ditujukan kepada Kapolsekta Mantrijeron tersebut. Jika nantinya terbukti terlibat maka Polresta Yogyakarta akan menjatuhkan sanksi tegas.

“Saat ini pemeriksaan kepada yang bersangkutan tengah berjalan. Jika nantinya memang terbukti bersalah tentunya akan diberikan sanksi,” tegasnya.

Kasus dugaan keterlibatan Kapolsekta Mantrijeron dalam kampanye salah satu paslon ini terjadi Minggu (06/11/2016) kemarin. Dalam acara mancing bareng yang digelar tim pemenangan paslon nomor urut 2 Haryadi Suyuti - Heroe Poerwadi di Tanjungkiri, Kampung Dukuh, Kelurahan Gedongkiwo, Kecamatan Mantrijeron, Yogyakarta tersebut Kapolsekta turut hadir dalam rangka melakukan pengamanan wilayah.

Namun dalam kegiatan tersebut Kapolsekta Mantrijeron turut menyumbang lagu dan bernyanyi dimana didalam syairnya terselip kata-kata yang menyebut nama Haryadi. Apa yang dilakukan Kapolsekta Mantrijeron tersebut dinilai Panwas sebagai bentuk dugaan pelanggaran karena sudah mengarah kepada salah seorang paslon.

Kapolsekta Mantrijeron kini dijabat Kompol Agus Setyobudi yang sebelumnya sebagai Pamen di Polresta Yogyakarta. Nama Agus Setyobudi bukan nama baru dalam jajaran Kapolsekta di wilayah Polresta Yogyakarta. Sebelumnya ia pernah menjabat sebagai Kapolsekta Gedongtengen dan terakhir sebagai Pjs Kapolsekta Jetis.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Karena Nyanyian, Kapolsek Mantrijeron Diganti"

Post a Comment