Topo Pepe Dilakukan Aksi Buruh Jogja di Halaman Kraton Saat Berunjuk Rasa

Yogyakarta- Puluhan orang yang tergabung dalam aliansi buruh se-DIY menggeruduk Kantor Gubernur DIY, di kompleks Kepatihan Yogyakarta pada Senin (31/10/16) siang. Beberapa elemen yang ikut dalam aksi tersebut di antaranya adalah dari ABY, KSPSI, SPN, ASPEK dan lainnya satu persatu menyampaikan keluhannya melalui orasi.

Aksi mereka digelar untuk menolak PP 78 tahun 2015 yang menyatakan kenaikan upah buruh hanya 8,7 persen atau menjadi hanya kisaran Rp 1,5 juta dan rencananya akan ditetapkan hari ini. Dalam unjuk rasa kali ini, tampak pula beberapa massa aksi mengenakan pakaian adat Jawa.

"Kami ingin upah layak sesuai kebutuhan hidup layak, bukan atas dasar aturan menteri tenaga kerja yang arogan. Harusnya DIY bisa mencontoh daerah Aceh yang tidak menggunakan PP 78, tapi berdasarkan kebutuhan rakyat," ujar salah satu orator.

Sementara di dalam Kantor Gubernur, perwakilan dari 5 Pemkab dan Pemkot di wilayah DIY masih melakukan rapat guna membahas UMK final 2017.

Seusai menggelar aksi demo, mereka melakukan ritual topo pepe yakni berdiam dan berjemur di halaman Kraton Yogyakarta atau Alun-alun Utara.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Topo Pepe Dilakukan Aksi Buruh Jogja di Halaman Kraton Saat Berunjuk Rasa"

Post a Comment