Singkatan OTP, Kode Untuk Bertransaksi Online

Singkatan OTP
Dalam transaksi secara online, OTP merupakan singkatan dari One Time Pasword. OTP banyak digunakan oleh sistem perbankan seperti Bank Mandiri, BCA, BRI dan lain lain. Selain itu situs jual beli online seperti tokopedia pun menggunakan OTP ini untuk memverifikasi akun penggunanya saat bertransaksi.

Seperti contoh Bank Mandiri pada program sms banking, untuk pengguna iPhone, disamping menggunakan PIN mandiri sms juga ditambahkan dengan SMS OTP (one time password). SMS OTP adalah 6 digit angka yang unik yang berlaku hanya untuk 1 (satu) kali transaksi. OTP akan dikirim ke inbox, untuk memunculkan OTP berupa pop-up message, nasabah bisa masuk ke menu setting notification pada iPhone.

Pada tokopedia, kode OTP (One Time Password) adalah kode yang dikirim oleh pihak Tokopedia untuk memastikan penarikan dana benar dilakukan oleh pemilik akun. Kode OTP juga dibutuhkan saat kamu login atau menambahkan akun rekening baru dan menarik dana ke rekening baru tersebut. Namun, jika kamu menarik dana ke rekening tujuan yang sebelumnya sudah pernah dipakai, kamu tidak akan diminta untuk memasukkan Kode OTP. Kode OTP akan dikirimkan lewat SMS ke nomor handphone yang sudah terverifikasi. Jika kamu belum melakukan verifikasi nomor handphone, Kode OTP akan dikirimkan lewat email. Untuk melakukan verifikasi nomor handphone.

Contoh lain pada Bank BCA pada klikBCA, BCA mewajibkan menggunakan kode pengamanan transaksi yang dinamakan kode OTP yang dikirim dari sistem BCA kepada telepon seluler (ponsel) Anda berupa Short Message Service (SMS). Kode OTP ini digunakan untuk melakukan autentikasi atas setiap transaksi belanja online maupun transaksi lainnya sebagai tanda persetujuan Anda terhadap transaksi yang dilakukan. 

Anda harus memasukkan kode OTP yang dihasilkan oleh sistem BCA jika Anda melakukan transaksi pembayaran belanja online atau jika melakukan transaksi lainnya seperti: inquiry profil My BCA KlikPay (ganti Password, tambah/hapus jenis pembayaran, histori transaksi) dan lupa Password. Transaksi yang dapat dilakukan tanpa menggunakan kode OTP adalah transaksi pada Menu Administrasi dan Help. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Singkatan OTP, Kode Untuk Bertransaksi Online"

Post a Comment