Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

MotoGP Australia 2016 (Phillip Island), Jadwal dan Hasil

MotoGP Phillip Island Australia 2016
MotoGP- Gelaran MotoGP 2016 sudah memasuki seri ke-16 yang akan dilangsungkan pada 21 hingga 23 Oktober 2016 mendatang di Sirkuit Grand Prix Michelin Australia Motorcycle Phillip Island Australia. Selisih waktu yang hanya satu minggu dengan seri ke-15 memaksa para pembalap untuk tidak bisa beristirahat dan langsung konsentrasi ke seri ini.
Jadwal MotoGP Australia 2016: 21-23 Oktober 2016
MotoGP seri ke-16 di Sirkuit Phillip Island akan dilangsungkan mulai Jumat, 21 Oktober 2016 dengan sesi latihan bebas, sedangankan sesi kualifikasi akan dilaksanakan pada Sabtu, 22 Oktober 2016 serta race akan dilangsungkan pada Minggu, 23 Oktober 2016.
Prediksi MotoGP Australia 2016
Sebelum mengetahui siapakah yang layak dan pantas untuk menjadi juara di race MotoGP Phillip Island, akan digelar sesi latihan bebas (free practice) dan sesi kualifikasi (qualifiying). Dari dua sesi ini tentu sesi kualifikasi lah yang akan ditunggu-tunggu hasilnya oleh pembalap maupun pecinta MotoGP di seluruh belahan dunia. Karena sesi kualifikasi ini akan menentukan posisi start saat race.

Lalu siapakah yang kira-kira mampu menjadi yang tercepat dan meraih pole position saat sesi kualifikasi dan mampu start dari posisi pertama saat race. Semua pembalap tentu berpeluang sama di sini. Namun dari pengalaman dan ketangguhan di musim ini, tentu hanya beberapa pembalap saja yang masuk dalam prediksi menjadi pembalap tercepat.

Tahun lalu, pembalap bernomor #93 Marc Marquez sukses menjadi yang tercepat dalam sesi kualifikasi MotoGP Austria. Dirinya juga mampu menjadi juara dalam race yang digelar di Sirkuit Phillip Island ini. Ditambah seri ke-15 di Motegi dia sudah mengukuhkan menjadi juara dunia MotoGP 2016 dengan menerima helm emas. Hal itu akan membuat Marquez tampil lebih rileks dan tanpa beban sehingga mampu mengulang kembali kesuksessannya di seri ini.

Melihat Sirkuit Phillip Island Australia untuk gelaran MotoGP 2016 nanti, para pembalap akan memacu kecepatan selama 27 lap. Sirkuit ini memiliki lebar lintasan 13 m dan panjang lintasan 4,4 KM dengan tujuh tikungan ke kiri dan lima tikungan ke kanan. Dari 27 lap itu para pembalap akan menempuh dengan total jarak 120,1 KM atau 74,5 Mil. Satu trek terpanjang di Sirkuit Phillip Island Australia terdapat trek sepanjang 900 m atau 2.952,76 kaki.

Dari gambaran sirkuit itu, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo serta Dani Pedrosa bahkan pembalap lain seperti Maverick Vinales pun punya kesempatan untuk mencatat waktu tercepat di sesi kualifikasi. Namun prediksi tetaplah ada pada Marc Marquez serta dua pembalap Movistar Yamaha Rossi dan Lorenzo.

Kembali ke Sirkuit Phillip Island merupakan salah satu Sirkuit Motorsport Australia yang sudah sering menjadi tuan rumah tradisi balap motor bergengsi ini. Phillip Island juga sering digunakan sebagai tempat balapan mobil. Sirkuit ini diberkati dengan pemandangan yang indah serta pemandangan laut. Berbagai fasilitas di Phillip Island Australia ini memang pantas jika lokasi ini terus dijadikan tempat digelarnya balapan paling spektakuler di dunia.

Kembali ke prediksi Marquez, tahun lalu Marquez menjadi juara di sirkuit Phillip Island dengan mencatat waktu total 40'33.849 diikuti Andrea Iannone di posisi dua dan Jorge Lorenzo di posisi tiga. Sedangkan sesi kualifikasi Marc tercepat dengan 1'28.364 dan menjadi circuit record. Dari prediksi ini, kejayaan Marquez di musim 2016 tak terkejar lagi. Apalagi dirinya sudah menerima helm emas sebagai tanda resminya menjadi juara dunia musim 2016.

Update hasil kualifikasi, hasil race dan klasemen sementara MotoGP Australia 2016 pada link di bawah ini:
Hasil Kualifikasi MotoGP Australia 2016
Hasil Race MotoGP Australia 2016
Klasemen MotoGP 2016 Setelah Seri Phillip Island
(Link diperbarui sesaat setelah selesai pelaksanaan sesi)